Minggu, 23 November 2008

Tahapan Generik Pengembangan Klaster Industri

Cukup banyak literatur yang mengupas tentang teori/konsep dan juga praktik-praktik pengembangan klaster industri, termasuk di internet. Tapi memang patut diakui bahwa mengimplementasikannya Di Indonesia pun, prakarsa pengembangan klaster industri sudah cukup banyak, sebut saja misalnya yang dilakukan oleh Bappenas, Deperin, Kementerian KUKM, KNRT, BPPT, dan lainnya. Sudah berhasilkan? Wah, yang itu silahkan ditanyakan langsung ke masing-masing pemrakarsa saja.
Kali ini saya tidak membicarakan yang itu. Saya ingin berbagi pengalaman menyangkut “Bagaimana sebaiknya pengembangan/penguatan klaster industri tertentu dilakukan?” Meramu apa yang saya ketahui dan sedikit pelajaran di lapangan [termasuk yang dilakukan oleh banyak rekan lain], saya mengajukan cara sederhana seperti yang ditunjukkan dalam gambar berikut.


Saya ”dekomposisi” tahapan generik pengembangan klaster industri kepada empat bagian saja, yaitu:
  1. Aktivitas awal inisiatif / prakarsa pengembangan;
  2. Penyusunan kerangka dan agenda pengembangan;
  3. Implementasi;
  4. Pemantauan, evaluasi dan perbaikan.

Mau tahu lebih lanjut tentang ini? Silahkan unduh bahan-bahan terkait di scribd atau di slideshare.


Semoga bermanfaat.
Salam



Tidak ada komentar:

Posting Komentar